Saya memang narsis, dari dulu sampai sekarang. Kadang orang curiga bahwa saya punya penyakit percaya diri yang berlebihan, hoho, belum tau aj lo ! Tapi narsis saya itu bukan tanpa alasan, seperti pelajaran di kampus yang selalu bilang « lingkungan mempengaruhi »
Ya, lingkungan mempengaruhi, contohnya lingkungan waktu saya masih SD.
Waktu SD, saya selalu dapat rengking satu di kelas, dari kelas satu sampai kelas enam. Dan saya merasakan masa kejayaan saya pada waktu kelas lima. Kok kelas lima? Karena saya punya abang yang nakal dan premannya bukan main yang duduk di kelas enam, jadi gak ada yang berani macam2 sama saya, bahkan berandalan2 kecil ingusan yang sukanya malakin anak kecil tak berdosa jadi tunduk sama saya. Bahkan ngasih setoran! Karena saya bilang, “kata abang gue, lo mesti ngasih duit cepek ke gue!” dengan tampang sok preman.
Punya abang preman yang selalu bilang, “dek, kalo ada yang macem2 sama kamu, lapor aja ke abang ya !biar abang hajar!” sebenernya bukan factor utama percaya diri saya menggila. Seperti yang saya bilang tadi, saya selalu jadi juara kelas. Nah, pastinya yang juara kelas selalu jadi favoritnya guru, kalo saya sih bukan cuma guru, tapi kepala sekolahnya langsung!
Saya juga sering diminta untuk bikin soal latihan sekaligus jawabannya. Kalo inget itu saya jadi bingung sendiri, kok bisa ya guru punya asisten sekecil saya. Beliau cukup bilang, “ Imeh, coba maju ke depan, bikin soal matematika sepuluh soal. Ada perkalian, penjumlahan, pembagian dan pengurangan. Sekalian jawabannya ya. Oke anak-anak! Kalau sudah selesai, kumpulkan buku latihan kalian ke Imeh, biar dia periksa.”
Dan guru itu pun duduk manis mengerjakan pekerjaan lain di mejanya. Saya maju ke papan tulis dan mengarang soal. Setelah mengarang soal, saya pun mengerjakan soal2 tersebut untuk menemukan jawabannya. Setelah saya selesai menemukan jawabannya, murid2 yang lain kemudian dengan patuh mengumpulkan buku latihan yang berisi soal yang saya bikin di papan tulis beserta jawaban mereka masing2 kepada saya untuk diperiksa. Benar2 masa kecil yang luar biasa.
Selain jadi asisten guru, saya juga merangkap jadi ketua kelas. Kalo saya inget2, saya agak arogan pada masa itu. Saya duduk dimanapun saya mau, dan tidak ada yang berani melawan saya, bahkan cowok yang badannya jauh lebih besar dari saya sekalipun. Saya suka duduk di barisan paling depan, kadang kedua dari depan, suka2 saya. Saya juga tak jarang mengusir orang yang menempati kursi yang saya inginkan (duileee,,,pengen gue pites juga gue jaman dulu!). Karena saya ketua kelas, saya bertugas menjaga ketertiban dan kerapihan kelas saya. Khususnya ketertiban, saya selalu memegang penggaris kayu yang panjangnya satu meter yang biasanya dipakai guru SD untuk menggaris di papan tulis. Apa fungsinya penggaris itu buat saya? Bukan…bukan buat gebukin anak2 nakal. Penggaris itu buat mukul meja kalo seandainya kelas saya berisik! Dan sekali saya pukul penggaris itu ke meja, semua murid langsung tutup mulut! Sunyi senyap deh jadinya, aman dan damai!
Oh, indahnya masa muda…
By the way, selain jadi ketua kelas, saya juga aktif di pramuka. Saya jadi ketua kelompok bunga sedap malam, dan jadi pratama-nya murid perempuan. Saya sengaja pilih murid2 kelas empat yang cantik2 untuk masuk di kelompok saya. Gak ada maksud apa2, cuma iseng aja!
Saya juga jadi ketua PMR, yang cuma berumur dua minggu karena gak jelas kegiatannya apa.
Saya jadi pengibar bendera setiap upacara, dan itu saya lakukan dengan senang hati tanpa grogi sedikitpun, karena saya banci tampil.
Saya…saya…saya gila juga dulu ya, sok sibuk bener!
Hal yang paling berkesan buat saya, yang meyakinkan diri saya bahwa saya itu adalah orang yang sangat diinginkan adalah waktu kelas lima, waktu itu olah raga. Semua murid senam di bawah terik matahari yang menyengat setelah lari keliling sekolah sebanyak lima kali.
Saya yang capek dan kehausan segera disuruh istirahat di depan lapangan dekat guru olah raga yang mengawasi jalannya senam. For your information, guru olahraga saya ini ganteng sekali,hihihi. Dan saya termasuk beruntung karena disayang sekali sama beliau, kasanya mah, dianakemaskan,hoho.
Teman saya mengambilkan saya teh manis, supaya saya tidak pingsan. Padahal saya sih gak capek2 banget, cuma males aja. Tapi asik juga ngeliatin teman2 lain berjuang dibawah terik matahari sedangkan saya adem ayem dibawah pohon memperhatikan mereka.
Gak lama, tiba2 si Ivon, salah satu murid paling bandel di kelas tergeletak pingsan!
Murid2 yang lain panik! Saya bengong, langsung melirik Pak Guru olah raga yang ganteng. Di bayangan saya, pak guru langsung meluncur menghampiri Ivon dan mengangkat badannya layaknya kesatria dan dibawa ke UKS. Namun yang terjadi hanyalah:
« ah, si Ivon mah cuma pura2. Udah diemin aja ! » kata Pak Guru ganteng. Dia hanya tetap berdiri di tempatnya dan terus memberi aba-aba senam.
Well, Ivonku sayang, Ivonku malang. Dia tergeletak di lapangan dengan gemilang. Teman2 dengan bingung berinisiatif memindahkannya ke UKS, dan olahraga senam tetap dilanjutkan.
Saya agak heran, namun ternyata sikap pak guru ganteng yang cuek terhadap Ivon dilatarbelakangi oleh inisiatif Ivon beberapa hari yang lalu untuk menantang SD sebelah dan akhirnya SD kami hampir tawuran kalo tidak dihentikan satpam. Yaelah anak esdeeee…pake tawuran segalaaa!!!!
Hikmah apa yang bisa kita ambil dari cerita ini?
Prestasi menentukan eksistensi!
![]() |
yah, gak jauh lah manisnya saya waktu sd dengan anak ini.. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar